Translate

Saturday, April 23, 2016

Ikan Terbang - Exocet yang Sebenarnya

Dulu sewaktu masih mahasiswa, saya belajar tentang desain kapal. Oleh karena itu, saya suka sekali bepergian dengan naik kapal baik ukuran besar maupun kecil.
Ketika berada di atas kapal, saya sering jalan-jalan di geladak luar untuk sekedar melihat pemandangan laut yang indah atau pulau-pulau tropis dengan pepohonan kelapanya. Sering ada segerombolan ikan lumba-lumba yang lompat dari dalam air.
Ada juga ikan terbang. Ikan ini kecil sekitar 25 cm panjangnya. Mereka terbang rendah sekali di permukaan air untuk menghindari terjangan badan kapal yang bergerak melawan ombak. Mungkin ikan terbang mengira bahwa kapal adalah predator yang hendak memakan mereka.
Misil Anti-Kapal
Dalam bahasa Prancis, Exocet adalah nama sebuah rudal anti kapal. Rudal Exocet ini menjadi sangat terkenal setelah berhasil menenggelamkan kapal perang HMS Sheffield milik British Navy dalam perang Falkland/ Malvinas antara Argentina dan Inggris. Rudal tersebut diluncurkan dari pesawat tempur Super Etendard.
Karena kejadian ini mendapat liputan media massa di seluruh dunia maka rudal anti kapal tersebut menjadi lebih terkenal dibandingkan nama yang sama untuk ikan terbang.
Ikan Terbang - Exocet yang Sebenarnya
Nah, seperti apa ikan terbang itu? Saya telah membuat sketsa dengan pencil dan diberi warna dengan cat air buat ikan terbang ini. Garis lengkung yang menyerupai ombak saya buat memakai inkscape. Bagi pembaca yang belum pernah melihat ikan exocet, eh maksud saya, ikan terbang di habitat alamnya, berikut ini adalah gambar ikan tersebut.

Gambar ini juga tersedia dalam bentuk cetakan di berbagai produk zazzle mulai dari t-shirt sampai mug untuk minum kopi pada link: Exocet Products
Jika Anda tertarik, silahkan membelinya, hehehe.... Hitung-hitung Anda telah ikut membantu saya membeli pulsa internet agar penulisan di blog ini tetap lancar.





No comments:

Post a Comment